Menteri Tjahjo Peringati Hari Nusantara, Ini Pesannya....

Menteri Tjahjo Peringati Hari Nusantara, Ini Pesannya....
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - LEMBATA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak seluruh elemen benar-benar menyadari pentingnya Bhinneka Tunggal Ika. Karenanya dia berharap agar Hari Nusantara bisa menjadi momentum menjaga dan memperkuat persatuan.

Tjahjo mengatakan hal itu dalam acara puncak Hari Nusantara 2016 yang dipusatkan di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (13/12).  "Jadi lewat peringatan Hari Nusantara, kami berharap dapat mendorong kesadaran dan bernegara yang berbhineka tunggal ika. Mari kita goreskan kembali persatuan Indonesia yang berwawasan Nusantara," tuturnya.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan, Lembata yang tergolong kawasan terluar sengaja dipilih sebagai lokasi peringatan Hari Nusantara 2016. Tujuannya memang untuk menghidupkan perekonomian masyarakat.

"Tujuan peringatan Hari Nusantara juga untuk mengubah cara pandang bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, yang berarti terdapat keseimbangan antara matra darat dan laut. Serta mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim," ucap ketua panitia Hari Nusantara 2016 itu.

Harapan Tjahjo memang tidak muluk-muluk. Terbukti, antusias masyarakat setempat dalam mengikuti seluruh rangkaian yang dipusatkan di Pelabuhan Lewoleba itu sangat luar biasa.

Apalagi kegiatan juga melibatkan hingga 14 kapal perang, termasuk KRI Dewa Ruci.  Selain itu, kegiatan tersebut juga melibatkan lebih dari 150 penari yang terdiri dari kaum muda NTT dan 500 orang anggota paduan suara.(gir/jpnn)


LEMBATA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak seluruh elemen benar-benar menyadari pentingnya Bhinneka Tunggal Ika. Karenanya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News