Menteri Yuddy Minta Layanan Publik Jangan Ikut Libur

Menteri Yuddy Minta Layanan Publik Jangan Ikut Libur
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Pelayanan publik di instansi pemerintah diminta tetap jalan meski  liburan Natal dan Tahun Baru. Para pimpinan instansi pun diimbau mengatur jadwal cuti atau libur para pegawainya agar tidak terjadi kekosongan layanan.

"Instansi layanan publik seperti Samsat, rumah sakit, Dinas Pemadam Kebakaran, Pelabuhan, BMKG, Pelni, dan lain-lain harus tetap beroperasi meski tanggal merah," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Rabu (24/12).

Meski layanan publik tetap buka, Yuddy mengatakan para pegawai tidak perlu khawatir. Hak cuti atau liburnya tetap diperhitungkan. Itu sebabnya, peran pimpinan istansi dalam mengatur jadwal kerja pegawainya sangat besar.

"Berlakukan sistem shift, semua harus merasakan bagaimana melayani masyarakat di tanggal merah," ujarnya.

Dia pun mengimbau bagi aparatur sipil negara (ASN) yang cuti dan pulang kampung bisa membantu menyosialisasikan program pemerintah terutama mengenai efisiensi dan penghematan anggaran di instansi.

"Kalau ada masyarakat yang tanya misalnya tentang larangan pakai hotel lagi, pegawai ASN bisa menjelaskannya. Jangan karena cuti lantas enggan memberikan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Ditambahkan Yuddy,  seluruh pegawai KemenPAN-RB harus tahu program pemerintah karena masyarakat tidak mau tahu apakah yang bersangkutan menangani masalah itu atau tidak. Mereka hanya tahu, pegawai KemenPAN-RB menguasai masalah yang ditanyakan. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Pelayanan publik di instansi pemerintah diminta tetap jalan meski  liburan Natal dan Tahun Baru. Para pimpinan instansi pun diimbau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News