Menuju New Normal Perlu Dilakukan Strategi Penataan di Berbagai Sektor

Menuju New Normal Perlu Dilakukan Strategi Penataan di Berbagai Sektor
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara dalam acara diskusi yang diadakan Puspolkam Indonesia. Foto: Puspolkam Indonesia for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Kajian Politik dan Keamanan (Puspolkam) Indonesia mengadakan diskusi secara virtual untuk membahas bagaimana agar pemerintah dan masyarakat dapat bergotong royong di masa pandemi Corona.

"Kami sangat berterima kasih atas kesediaan Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar Pranowo dan Sekretaris Daerah Jawa Timur Pak Heru Tjahjono yang bersedia berbagi pengalaman terkait penanganan pandemi, sekaligus bisa menjadi mitra bagi Puspolkam ke depannya," ujar Direktur Eksekutif Puspolkam Indonesia Broery Pater Tjaja dalam sambutannya pada Webinar yang diadakan Puspolkam pada Minggu (31/5).

Webinar ini kali mengangkat tema 'Strategi Pemerintah Daerah dalam Menanggulangi Pandemi COVID-19'.

Sementara, Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli menyampaikan bahwa diskusi yang diadakan Puspolkam kali ini merupakan sebuah kajian tematik yang berintikan pada gotong royong pemerintah, dalam hal ini pemerintah daerah bersama masyarakat dalam menanggulangi dampak sosial ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Hal yang paling dibutuhkan di saat ini adalah etik atau nilai kemanusiaan, keadaban, nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai kebersamaan, solidaritas nasional, juga sistem nilai kerakyatan yang berkaitan dengan keadilan sosial. Ini merupakan bagian dari Pancasila yang merupakan ideologi, dasar, dan falsafah bangsa," kata Firman.

Firman mengatakan bahwa Puspolkam Indonesia secara khusus memperingati Hari Lahirnya Pancasila melalui webinar ini.

"Dalam kaitan dengan peringatan lahirnya Pancasila, kami ingin mendengar pengalaman dan langkah-langkah strategis Pemda Jateng dan Jatim terkait bagaimana membangun kegotongroyongan ketika mengatasi pandemi dan dampaknya secara ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan. Tentunya hasil diskusi ini akan menjadi masukan yang baik bagi bangsa ini dan kita semua dalam menanggulangi dampak COVID19," jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan strategi Provinsi Jawa Tengah melakukan transisi menuju new normal. Ganjar mengatakan awalnya strategi penataan yang dilakukannya dianggap angin lalu.

Puspolkam Indonesia mengadakan diskusi secara virtual dengan narasumber Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membahas menuju new normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News