Menurut Hendri, 2 Langkah Harus Dilakukan Ganjar Pranowo

Menurut Hendri, 2 Langkah Harus Dilakukan Ganjar Pranowo
Hendri Satrio. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menyarankan dua hal kepada Ganjar Pranowo yang tengah menjadi sorotan pascatak diundang oleh Puan Maharani ke acara internal PDIP di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) akhir pekan lalu.

"Ada dua yang harus dilakukan Ganjar. Pertama adalah refleksi dirilah," kata Hendri saat berbincang dengan JPNN.com, Selasa (25/5).

Menurut pendiri KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) itu, gubernur Jateng itu harus melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dijalankan selama ini.

"Apa yang kurang selama dia menjadi gubernur, ada enggak janji-janji yang harus dilaksanakan, yang belum dilaksanakan. Jadi, refleksi, evaluasi," lanjut Hendri.

Hal kedua, kata dosen komunikasi politik di Universitas Paramadina itu, Ganjar harus memperkuat konsolidasi.

"Konsolidasi lagilah. Justru ditingkatkan komunikasi dengan internal PDI Perjuangan. Dia enggak boleh jadi pundungan (merajukan, red)," ucap Hendri.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto mengungkapkan bahwa Ganjar memang tak diundang pada kegiatan yang dihadiri Puan Maharani pada Sabtu (22/5) lalu.

Pacul -panggilan akrabnya- dalam siaran persnya menyebut Ganjar berambisi maju pada Pilpres 2024. Menurut Bambang, gubernur ke-15 Jateng itu telah mengabaikan norma kepartaian demi ambisi politik.

Hendri Satrio sarankan dua hal ini kepada Ganjar pascatak diundang Puan Maharani ke acara internal PDIP di Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News