Menurut Pakar, Ini Beberapa Indikator Penyebab Kecelakaan Maut di KM 58

Menurut Pakar, Ini Beberapa Indikator Penyebab Kecelakaan Maut di KM 58
Seorang petugas melihat bangkai kendaraan pascakecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek KM 58 di Pool Derek Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Kakorlantas Polri Brigjend Pol Aan Suhanan menyatakan 12 orang tewas dan dua orang luka-luka dalam kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan yaitu Bus Primajasa, Grand Max dan Daihatsu Terios di Jalan Tol Cikampek Km 58. FOTO: ANTARA/Bayu Pratama S/foc.

jpnn.com, JAKARTA - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengungkap beberapa indikator penyebab kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek yang menewaskan 12 orang pada Senin (8/4) lalu.

Reza dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, menyebut indikator pertama adalah kondisi dari sopir Gran Max yang mengalami oleng ke kanan saat jalur sedang diberlakukan rekayasa lalu lintas sistem contraflow (lawan arah).

"Apa ya kira-kira yang membuat pengemudi Gran Max tiba-tiba banting setir dari lajur contraflow ke lajur paling kanan?" ujarnya.

Menurut Reza, peristiwa kecelakaan itu terjadi pagi hari sekitar pukul 07.04 WIB. Dari waktu kejadian ini perlu dikesampingkan kemungkinan sopir Gran Max dalam keadaan mabuk.

Selain itu, juga kecil kemungkinan penumpang minibus Gran Max tersebut terdiri atas satu keluarga, yang membiarkan pengemudi menyetir dalam kondisi mabuk.

"Terdesak ingin buang air? kenapa sampai banting setir?" katanya.

Melihat kondisi tersebut, menurut Reza, pengemudi tertidur atau setidaknya mengantuk berat. Kondisi tersebut membuat sopir Gran Max kehilangan orientasi atau kebingungan secara tiba-tiba terhadap situasi lalu lintas contraflow.

Untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu, kata Reza, perlu dicek dari mana dan jam berapa kendaraan Gran Max itu berangkat.

Pakar mengungkap beberapa indikator penyebab kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek yang menewaskan 12 orang pada Senin (8/4) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News