Merasa Dikhianati Mendagri, PM Italia Mundur dari Jabatan

Merasa Dikhianati Mendagri, PM Italia Mundur dari Jabatan
PM Italia Giuseppe Conte. Foto: ANTARA/REUTERS/Yara Nardi/TM

jpnn.com, ROMA - Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya, Selasa (20/8). Konflik di internal koalisi pemerintahan menjadi alasan dia mengambil keputusan mengejutkan tersebut. 

Berpidato di hadapan para anggota parlemen, Conte menuding Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini menggembosi koalisi. Dia menyebut ketua Partai Liga itu berpaya mencari keuntungan untuk meningkatkan popularitas pribadinya.

"(Salvini) telah memperlihatkan bahwa ia mengikuti kepentingannya sendiri dan kepentingan partainya," kata Conte. "Keputusannya menimbulkan risiko serius bagi negara ini," tambah dia.

Conte melancarkan kecaman sementara Salvini duduk tepat di sebelahnya. Salvini kadang-kadang menggelengkan kepala ketika sang perdana menteri menyuarakan kritik pedas.

BACA JUGA: Italia Mulai Pembangunan Ulang Jembatan Morandi

Pengunduran diri Conte akan membuka jalan bagi kepala negara untuk mulai berkonsultasi dengan partai-partai untuk menentukan apakah koalisi baru dapat dibentuk. Jika gagal, Presiden Sergio Mattarella akan membubarkan parlemen. (ant/dil/jpnn)


Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya, Selasa (20/8). Konflik di internal koalisi pemerintahan menjadi alasan dia mengambil keputusan mengejutkan tersebut.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News