JPNN.com

Merawat Kain Sutra ala Poppy Dharsono

Sabtu, 31 Maret 2018 – 09:45 WIB
Merawat Kain Sutra ala Poppy Dharsono - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Model senior Poppy Dharsono memberikan tips bagaimana merawat pakaian bermaterial sutera.

Baik dari cara mencucinya maupun menyetrika kain tersebut.

"Selama 40 tahun pengalaman saya, biasanya produk-produk pakaian yang terbuat dari bahan sutera selalu ada tulisan label 'dry clean' pasti di bagian bawah ketiak, leher dan lainnya ada noda yang sulit hilang dan selalu tertinggal warna bedak sehingga cepat rusak, bolong," kata Poppy Dharsono dalam diskusi Forum Ngobras di JCC, Jumat (30/3).

Biasanya, ungkap Poppy, dia mencuci dengan tangan terlebih dahulu. Baru kemudian dikirim ke dry cleaning. "Lama kelamaan saya cuci sendiri menggunakan sabun khusus dan metode yang khusus pula," ujarnya.

Setelah dicuci dengan tangan, dikeringkan, sebelum disetrika masukkan plastik lalu dimasukkan ke freezer beberapa jam baru kemudian disterika. Maka sutera akan kembali bagus warnanya.

Menurutnya, tidak semua pakaian setelah dipakai harus dicuci. Jika bisa dipakai 2-3 kali akan lebih baik karena mengurangi polusi lingkungan.

"Kami juga kerja sama dengan desainer yang tergabung dengan APPMI untuk mencuci dengan wet cleaning bisa datang ke kantor APPMI," jelas Poppy. (ika/jpc)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo