Merokok Dapat Memicu Sakit Jantung pada Generasi Muda

Merokok Dapat Memicu Sakit Jantung pada Generasi Muda
Merokok Dapat Memicu Sakit Jantung pada Generasi Muda
JAKARTA - Mulai beralihnya penderita jantung ke generasi muda, oleh kalangan ahli penyakit jantung disebut-sebut dipicu oleh kebiasaan merokok. Ditambah lagi pola hidup yang tidak sehat, seperti makan makanan tidak sehat dan waktu tidur yang kurang.

"Kami sangat tercengang dengan survei terbaru tentang penderita jantung koroner. Sekarang sudah menyerah usia 35-40 tahun. Dan yang terbaru malah ada yang masih 27 tahun," ungkap Santoso Karo-karo, dokter ahli penyakit jantung di Yayasan Jantung Indonesia saat peluncuran alat pengukur detak jantung (ECG) genggam di Puri Denpasar Hotel, Jumat (15/3).

Umumnya, para penderita muda tersebut terkena serangan hanya pada satu pemburuh darah saja tapi efeknya mematikan. Santoso menyebut, rokok lah yang menjadi biang dari timbulnya penyakit jantung.

"Yang muda-muda, jauhilah rokok. Jantung bukan lagi penyakit orang tua, tapi sekarang sudah menyerang kalangan muda. Apalagi kalau anak mudanya aktivitasnya super padat dan pola hidupnya tidak sehat," ujarnya.

JAKARTA - Mulai beralihnya penderita jantung ke generasi muda, oleh kalangan ahli penyakit jantung disebut-sebut dipicu oleh kebiasaan merokok. Ditambah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News