Merokok Saat Hamil, Mata Bayi jadi Juling

Merokok Saat Hamil, Mata Bayi jadi Juling
Merokok Saat Hamil, Mata Bayi jadi Juling
NEW YORK- Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita hamil yang merokok berisiko melahirkan bayinya menderita strabismus atau mata juling. Resiko ini memang hanya lebih besar dibandingkan tidak merokok. Pengaruh rokok pada saat kehamilan juga dapat menurunkan kemampuan penglihatan normal anak.

"Meskipun strabismus adalah kondisi umum, mempengaruhi sekitar 2 sampai 3 persen anak-anak, tidak banyak yang diketahui tentang penyebabnya," pemimpin peneliti Dr Tobias Torp-Pedersen dari Statens Serum Institut Kopenhagen, Denmark, mengatakan pada Reuters.

Strabismus, sering disebut "cross-eyed" atau mata juling  adalah istilah kolektif untuk sekitar 30 kondisi yang berbeda di mana mata tidak dapat searah yang sama ketika fokus pada suatu gambar. Beberapa ilmuan berpendapat sangat erat dihubungkan dengan masalah otot, sementara yang lain terkait dengan kerusakan saraf. Namun, semuanya sepakat bahwa strabismus dapat menyebabkan kehilangan penglihatan tidak dapat diperbaiki, di samping konsekuensi psikologis dan sosial.

Disebutkan, kandungan zat-zat berbahaya dapat menjadi salah satu penyebab strabismus. "Nikotin dan zat lain dalam tembakau, alkohol dan kafein semua mempengaruhi otak dalam beberapa cara," kata Torp-Pedersen. "Minor gangguan ke otak berkembang masuk akal dapat menyebabkan strabismus," tambahnya.

NEW YORK- Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita hamil yang merokok berisiko melahirkan bayinya menderita strabismus atau mata juling. Resiko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News