Merpati Kalah Bersaing Karena Gunakan Pesawat MA60

Merpati Kalah Bersaing Karena Gunakan Pesawat MA60
Merpati Kalah Bersaing Karena Gunakan Pesawat MA60

jpnn.com - JAKARTA -- PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) belum bisa menerbangi rute-rute perintis yang selama ini dilalui oleh perseroan. Hal itu lantaran Merpati masih mengkaji ulang penggunaan pesawat tipe MA60, yang selama ini digunakannya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memprediksi jika Merpati memaksakan menggunakan MA60, maskapai pelat merah itu dipastikan akan kalah saing, bahkan menambah beban utang perseroan.

"Dulu mungkin sebelum ada ATR Garuda dan Lion, satu-satunya MA60 pilhanannya, tetapi Lion masuk dengan jalur yang sama, dengan ATR, maka persaingan menjadi berat bagi Merpati. MA60 kalah efisien," tutur Dahlan di Jakarta, Selasa (11/2).

Karenanya, pria asal Magetan ini menghimbau kepada jajaran Direksi Merpati untuk menegosiasikan ulang kontrak penggunaan MA60 dengan pabrikannya, agar mitra kerjasama operasinya (KSO) Merpati tidak kalah saing saat mengoperasikan rute perintis.

"Pemikirannya karena MA60 jadi beban Merpati, bisa tidak dinego ulang dengan pabrikan. Terus idenya seperti apa, bagaimana kalau MA60 dilengkapi dengan itu sebagai kompensasi, tetapi itu bukan program," terang Dahlan.

Dalam bisnis plan yang disusun dengan perusahaan KSO, Merpati kata Dahlan, akan menerbangi rute-rute feeder yang akan menyambungkan rute internasionalnya yaitu Medan-Jeddah. "KSO nya begitu, Merpati akan menerbangi rute Medan-Jeddah," tukas pria berkacamata ini. (chi/jpnn)


JAKARTA -- PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) belum bisa menerbangi rute-rute perintis yang selama ini dilalui oleh perseroan. Hal itu lantaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News