Merpati Nyaris Keluar Landasan

Tak Bisa Belok, Ratusan Warga Dorong Pesawat

Merpati Nyaris Keluar Landasan
Puluhan warga dikerahkan untuk mendorong pesawat Merpati Nusantara Airlines yang nyaris keluar dari landasan Bandara Rendani, Manokwari. Foto : Radar Sorong/JPNN
MANOKWARI- Pesawat Merpati Airlines jenis Boeing 737-300 dengan nomor lambung PK-MDJ nyaris mengalami kecelakaan karena hampir keluar landasan pacu saat landing di Bandara Rendani, Manokwari, Selasa (10/8) sekitar pukul 06.20 Wit. Pesawat yang mengangkut 140 penumpang itu tidak bisa dihentikan hingga bagian depan sudah berada di ujung runway.

Pada posisi tersebut, pilot tak bisa membelokkan pesawat untuk mutar haluan menuju apron (parkiran) karena di depannya dan sisi kanan-kiri landasan terdapat galian proyek pelebaran landasan pacu. Pesawat sempat tertahan di ujung landasan pacu sekitar 30 menit. Situasi ini sempat membuat panik sebagian penumpang.  

"Torang trauma dengan kejadian kecelakaan Merpati, jadi takut juga. Mungkin pilot mengantuk sampai tak bisa belok di ujung landasan," ujar seorang penumpang Yan Arwam kepada wartawan.

   

Pilot hanya bisa pasrah menunggu bantuan. Tak lama petugas  datang sambil mendorong tangga. Hingga semua penumpang dievakuasi dan diamankan di terminal penumpang. Situasi ini menjadi perhatian ratusan warga sekitar.

MANOKWARI- Pesawat Merpati Airlines jenis Boeing 737-300 dengan nomor lambung PK-MDJ nyaris mengalami kecelakaan karena hampir keluar landasan pacu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News