Meski Macet, Jangan Tahan Kencing Kelamaan

Meski Macet, Jangan Tahan Kencing Kelamaan
Meski Macet, Jangan Tahan Kencing Kelamaan
JAKARTA -- Ketua Bidang Advokasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, memberikan kiat agar para pemudik tetap sehat dalam perjalanan.

Dijelaskan Ari, kelelahan merupakan kondisi yang umum terjadi jika kita melakukan perjalanan darat yang panjang dan lama. Kelelahan berhubungan dengan penurunan daya tahan tubuh dan akhirnya membuat kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus, terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi usus (diare) dan penyakit infeksi saluran pernafasan atas (flu, batuk pilek dan sakit tenggorokan).

Karenanya, Ari mengingatkan pentingnya isitirahat cukup sebelum berangkat mudik, terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ketempat tujuan tidak bisa diprediksi. Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraaan sendiri, disarankan ada beberapa anggota keluarga yang bisa mengendarai kendaraan sehingga kendaraan tersebut dapat dikendarai secara bergantian.

Ari menganjurkan, selama perjalanan mudik, agar memanfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.

JAKARTA -- Ketua Bidang Advokasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, memberikan kiat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News