Kamis, 19 Juli 2018 – 18:55 WIB

Meski Mendukung Jokowi, JK Tetap Kingmaker Anies

Jumat, 13 Juli 2018 – 13:17 WIB
Meski Mendukung Jokowi, JK Tetap Kingmaker Anies - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi memprediksi Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak akan maju di kontestasi Pilpres 2019.

Ari mendasari pandangannya pada perkembangan politik jelang pendaftaran pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, 4-10 Agustus mendatang.

"Saya rasa dengan perkembangan politik terbaru, JK tidak akan maju dan tetap mengikuti komitmen awal untuk pensiun dari dunia politik," ujar Ari kepada JPNN, Jumat (13/7).

Pengajar di Universitas Indonesia ini lebih lanjut mengatakan, dalam perjalanan hidupnya kini memasuki usia 76 tahun, JK sudah memperoleh segalanya. Baik itu jabatan maupun harta melimpah dari perjalanan panjang bergelut di dunia usaha dan politik.

"Karena itu, saya yakin JK punya kalkulasi politik sendiri untuk tidak maju lagi di Pilpres 2019," ucapnya.

Ari lebih meyakini JK akan menjadi kingmaker bagi Anies Baswedan, meski terkesan mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Menurut Ari, hubungan dekat JK-Anies terlihat jelas di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, dimana JK berperan besar menempatkan Anies sebagai calon gubernur hingga kemudian terpilih menumbangkan Basuki Tjahaja Purnama.

"Tapi sepertinya JK sadar, dukungan personal atau dana saja tidak cukup. Untuk mendorong Anies maju di pentas Pilpres 2019 butuh mesin partai. Sementara secara de jure dan de fakto, power JK di Golkar sudah memudar," pungkas Ari. (gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar