Minggu Ini Pemerintah Umumkan Impor Gula

Minggu Ini Pemerintah Umumkan Impor Gula
Minggu Ini Pemerintah Umumkan Impor Gula
JAKARTA - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, minggu ini dipastikan bahwa pemerintah akan mengumumkan mengenai kepastian waktu dilakukannya tambahan impor gula. "Mengenai kepastian waktunya, akan diumumkan minggu ini. Sekarang masih dibahas oleh tim di kantor Menko Perekonomian," ungkapnya di sela kunjungan dan peninjauan ke Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Senin (7/9).

Seperti yang dikatakan beberapa waktu yang lalu, impor gula yang akan dilakukan oleh pemerintah kali ini adalah impor gula untuk industri. "Impor kali ini lebih diarahkan ke raw sugar (gula mentah), di mana nantinya diharapkan akan mampu menekan harga gula di pasaran yang saat ini terus melonjak," jelas Mendag.

Sesuai dengan informasi yang didapat beberapa waktu lalu, pemerintah diperkirakan akan melakukan tambahan impor gula sebanyak 650 ribu ton. Jumlah itu rencananya akan dibagikan kepada industri gula rafinasi dan untuk produksi pabrik gula BUMN, di mana masing-masing mendapatkan 350 ribu ton dan 300 ribu ton.

Selain itu, sebagaimana yang telah dijelaskan pula oleh Mendag, pemerintah akan terus melakukan persiapan dan menyepakati langkah-langkah untuk melakukan antisipasi terkait keberadaan gula. Termasuk dengan memprediksi perubahan iklim dan perubahan data kebutuhan GKP (Gula Kristal Putih), sehingga benar-benar dapat diketahui supply dan demand dari GKP secara akurat dan lebih dini, agar penyesuaian importasi gula dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. (cha/JPNN)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, minggu ini dipastikan bahwa pemerintah akan mengumumkan mengenai kepastian waktu dilakukannya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News