Minimalisir Perilaku Koruptif, Semua Harus Lakukan Evaluasi

Minimalisir Perilaku Koruptif, Semua Harus Lakukan Evaluasi
Uang barang bukti kasus korupsi disita KPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik Piliang mengatakan, semua pihak mulai dari masyarakat sebagai pemilih, partai pengusung serta pemerintah, melakukan evaluasi agar perilaku koruptif kepala daerah dapat diminimalisir.

"Saya kira ini menjadi sebuah momentum bersama untuk muhasabah diri, untuk melihat apa yang salah," kata dia dalam diskusi Kepala Daerah Terjerat, Siapa Tanggung Jawab, di Cikini, Jakarta, Sabtu (27/10).

Akmal meminta semua pihak juga melakukan upaya untuk menghilangkan dan meminimalisir praktik korupsi kepala daerah. Dia mengatakan, maraknya penangkapan kepala daerah menjadi momentum bersama untuk mengevaluasi.

"Kami berharap ada awareness tidak hanya dari pemerintah, tapi juga masyarakat," katanya.

Akmal mengingatkan masyarakat jangan sembarangan dalam memilih calon kepala daerah. Masyarakat bisa melakukan penelusuran rekam jejak calon kepala daerahnya.

"Mereka harus mencari tahu track record calon kepala daerah," kata Akmal.

Lebih jauh dia menyatakan semua pihak, termasuk masyarakat sebagai pemilih turut bertanggung jawab terkait maraknya kepala daerah yang terjerat korupsi.

"Ketika ditanya siapa yang bertanggung jawab, semua bertanggung jawab masyarakat pemilih, partai pengusung, pemerintah," jelas Akmal. (boy/jpnn)


Semua pihak, termasuk masyarakat sebagai pemilih turut bertanggung jawab terkait maraknya kepala daerah yang terjerat korupsi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News