Minyak Dunia Mulai Stabil, Industri Galangan Kapal di Batam Kembali Ada Harapan

Minyak Dunia Mulai Stabil, Industri Galangan Kapal di Batam Kembali Ada Harapan
Pekerja sedang menggesa pengerjaan kapal di Seilekop, Sagulung, Jumat (28/4). F. Dalil Harahap/batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Harapan untuk galangan kapal Batam bangkit kembali mengemuka. Penyebabnya adalah harga minyak dunia mulai stabil, begitu juga dengan harga batubara.

"Stabilnya harga minyak dunia yakni di angka rata-rata 45 hingga 50 dolar Amerika membuat tender proyek minyak dan gas akan dibuka kembali," kata Direktur Small Medium Enterprise, Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Batam, Irfan Widyasa, Senin (31/7).

Kemudian harga batubara dunia juga mulai stabil di angka 75 dolar Amerika perton. Setelah sebelumnya jatuh dibawah 60 dolar Amerika perton.

"Hal itu ditandai oleh meningkatnya penyewaan alat berat full booked hingga akhir 2017 hingga 350 persen," terangnya.

Faktor lainnya adalah dilonggarkannya keran ekspor mineral mentah. Namun tentu saja kebijakan tersebut diikuti tiga ketentuan.

"Pertama merubah izin jadi pertambangan khusus, kedua harus bangun smelter dalam lima tahun dan ketiga difestasi saham hingga 51 persen untuk negara dalam 10 tahun," jelasnya.

Divestasi saham adalah pengurangan beberapa jenis aset baik dalam bentuk finansial atau barang. Dapat juga disebut penjualan dari bisnis yang dimiliki perusahaan. Divestasi adalah kebalikan investasi pada aset baru.

BP Batam sebagai pengelola investasi juga tidak diam. BP Batam berupaya dengan empat usaha, yakni mendukung aliansi perusahaan galangan berbagi sumber daya.

Harapan untuk galangan kapal Batam bangkit kembali mengemuka. Penyebabnya adalah harga minyak dunia mulai stabil, begitu juga dengan harga batubara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News