Miris! Setiap Hari, 35 Perempuan di Indonesia jadi Korban Kekerasan Seksual

Miris! Setiap Hari, 35 Perempuan di Indonesia jadi Korban Kekerasan Seksual
Miris! Setiap Hari, 35 Perempuan di Indonesia jadi Korban Kekerasan Seksual

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komnas Perempuan Yuniyanti Chuzaifah mengungkapkan, dalam sehari ada sekitar 35 perempuan Indonesia yang mengalami kekerasan seksual. Hal ini disampaikan Yuni usai bertemu Presiden Joko Widodo di kantor kepresidenan, Jakarta, Senin (16/3).

"Saya sampaikan setiap hari perempuan ‎di Indonesia, ada 35 perempuan korban kekerasan seksual, dengan berbagai kasus," ujar Yuni.

Dari jumlah itu, kata Yuni, dalam setahun tercatat kira-kira 239 ribu wanita Indonesia yang menjadi korban kekerasan seksual.  Di antaranya kasus perkosaan, intimidasi seksual, pelecehan seksual, eksploitasi seksual,  perdagangan perempuan, prostitusi paksa, pemaksaan perkawinan, pemaksaan kehamilan, pemaksaan aborsi, pemaksaan kontrasepsi dan sterilisasi, penyiksaan seksual.

Selain itu, sambungnya, juga penghukuman tidak manusiawi bernuansa seksual dan praktik tradisi bernuansa seksual.

"Lalu yang sering terjadi juga kontrol seksual termasuk lewat aturan diskriminatif beralasan moralitas dan agama," tuturnya.

Kasus-kasus tersebut, kata Yuni, telah dilaporkan pada Presiden Joko Widodo. Komnas perempuan, ungkapnya, mengharapkan pemerintah juga fokus untuk menangani pencegahannya.

"Bapak Jokowi mendukung kami dan berjanji akan concern terkait itu," tandasnya.(flo/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komnas Perempuan Yuniyanti Chuzaifah mengungkapkan, dalam sehari ada sekitar 35 perempuan Indonesia yang mengalami kekerasan seksual.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News