Misi Balas Dendam Chili atas Brasil

Misi Balas Dendam Chili atas Brasil
Alexis Sanchez. Foto: Getty Images

jpnn.com - BELO HORIZONTE - Babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 akan dimulai Sabtu (28/6) malam WIB. Tuan rumah Brasil akan melakoni laga derby melawan tim sesama Amerika Selatan, Chili.

Brasil yang bermain di hadapan publik mereka sendiri memang jauh diunggulkan. Selain itu tuan rumah mempunyai rekor yang sangat baik ketika bertemu Chili.

Dalam sejarahnya kedua kubu pernah bertemu 68 kali. Dari jumlah itu Brasil menang  48 kali dan imbang 13 laga. Sementara sisanya sebanyak tujuh pertemuan dimenangkan Chili. Dalam rentang tersebut Brasil membobol jala Chili sebanyak 159 kali dan hanya kebobolan 58 gol.

Namun demikian Chili tentu takkan menyerah begitu saja. Alexis Sanchez dan kawan-kawan tampil cukup baik di babak fase grup. Mereka berhasil mengalahkan juara bertahan Spanyol dan wakil Asia, Australia. Satu-satunya kekalahan yang diderita saat melakoni laga alot melawan Belanda.

Lebih dari itu Chili yang kini tampil tampa beban  membawa semangat untuk membalas  dendam. Pasalnya, Brasil dua kali mengagalkan langkah mereka di babak 16 besar. Yakni pada Piala Dunia Prancis 1998 dan Piala Dunia 2010 lalu di Afrika Selatan.

Di Prancis, Chili mengakhiri fase grup dengan status sebagai juara dua di Grup B di bawah Italia. Mereka kemudian berjumpa dengan Brasil selaku juara Grup A. Hasilnya mereka harus gagal mencapai babak perempat final setelah dipaksa menyerah 4-1. Satu-satunya gol balasan Chili kala itu dicetak oleh  Marcelo Salas.

Kemudian di Afrika Selatan, Chili merupakan runner-up Grup H di bawah Spanyol. Nasib kembali mempertemukan mereka dengan Brasil yang menjadi jawara di Grup G.

Hasilnya Chili kembali harus gagal ke babak delapan besar setelah tiga gol bersarang di jala mereka. Tiga gol tersebut lahir dari aksi Juan, Luis Fabiano dan Robinho

BELO HORIZONTE - Babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 akan dimulai Sabtu (28/6) malam WIB. Tuan rumah Brasil akan melakoni laga derby melawan tim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News