MK Tegaskan Motor Wajib Nyalakan Lampu Siang Hari

MK Tegaskan Motor Wajib Nyalakan Lampu Siang Hari
Ilustrasi motor wajib nyalakan lampu siang hari. Foto: arsip jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Drama permohonan uji materi atas, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang berkaitan dengan penggunaan lampu utama sepeda motor saat siang hari, telah berakhir.

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi atas gugatan yang dimohonkan oleh dua mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI), Eliadi Hulu dan Ruben Saputra.

"Menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan sidang yang disiarkan melalui YouTube, Kamis (25/6)

Mengutip laman NTMC Polri, Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan sepeda motor wajib menyalakan lampu di siang hari.

Dalam pertimbangannya, MK menyatakan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi terus mengalami peningkatan.

Salah satu penyebabnya, ialah sesama pengendara yang tidak dapat mengantisipasi keberadaan kendaraan satu dengan yang lainnya.

“Oleh karena itu, undang-undang mengatur mengenai pembatasan yang merupakan antisipasi bagi pengendara terhadap pengendara lain, seperti prasyarat kesehatan penglihatan bagi pengendara, lampu kendaraan, klakson, kaca spion, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Adapun tujuan pengaturan dan pembatasan demikian tak lain adalah mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Drama permohonan uji materi ke MK terkait UU LLAJ, soal penggunaan lampu utama sepeda motor saat siang hari, telah berakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News