Mobil Laboratorium KLHK Bakal Dioperasikan di Lima Provinsi Sekaligus

Mobil Laboratorium KLHK Bakal Dioperasikan di Lima Provinsi Sekaligus
Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK Agus Justianto meluncurkan mobil laboratorium keliling untuk bisa merespons cepat ancaman pencemaran lingkungan di Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (23/12). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah meluncurkan mobil laboratorium secara serentak di lima wilayah sekaligus.

Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK Agus Justianto mengatakan, mobil laboratorium ini sangat penting dalam upaya merespons cepat ancaman pencemaran lingkungan.

“Kami ingin memberikan respons secara cepat terhadap kejadian ancaman pencemaran lingkungan yang dapat terjadi sewaktu-waktu," ujar Agus di Jakarta, Senin (23/12).

Menurut dia, Pusat Penelitian Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan Badan Litbang dan Inovasi KLHK akan mengoperasikan mobil laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan pengambilan sampel serta pengujian parameter lingkungan itu di wilayah Banten, Jawa Timur, Sumatra Selatan, Riau, dan Kalimantan Timur.

Agus menuturkan, peluncuran mobil laboratorium didasari oleh semakin banyaknya aktivitas manusia yang menghasilkan limbah yang bisa menimbulkan bahaya bagi manusia dan ekosistem.

"Masalah pencemaran lingkungan tidak dapat diabaikan begitu saja, melainkan perlu diperhatikan secara profesional agar dapat mempertahankan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup," katanya.

Lanjut Agus memaparkan, mobil laboratorium, bakal mendukung pelaksanaan kegiatan pemantauan, pengawasan, dan penanganan pengaduan kasus pencemaran lingkungan sebagai bagian dari sistem peringatan dini bencana lingkungan.

Ke depan, dia berharap para pemerintah daerah di lima wilayah operasi mobil laboratorium dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mempercepat respons terhadap kejadian pencemaran lingkungan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah meluncurkan mobil laboratorium secara serentak di lima wilayah sekaligus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News