Mobil Listrik Canggih Karya Mahasiswa Indonesia Goda IIMS

Mobil Listrik Canggih Karya Mahasiswa Indonesia Goda IIMS
Mobil listrik karya mahasiswa Indonesia mejeng di IIMS 2018. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Mobil listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, karya tim Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle, di bawah naungan Universitas Islam Indonesia (UII) ini turut mengundang perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show 2018 (IIMS 2018), JIExpo Kemayoran, (19-29/4).

Kehadiran mobil listrik Kaliurang Generasi 3 membuktikan bahwa anak bangsa mampu berinovasi dalam perkembangan teknologi, sekaligus sosialisasi inovasi kepada masyarakat.

Menariknya, Kaliurang Unisi Generasi 3 diracang dengan sistem Android dan menjadi mobil mini formula dengan pengoperasian melalui Android pertama di Indonesia, dengan memanfaatkan sistem telemetri.

Selain itu, keunggulan lainnya yakni sistem IoT (Internet of Things); teknologi yang dapat membantu sistem kerja mobil untuk memperbarui status kondisi mobil, misalnya saat dalam bahaya, sehingga anggota tim secara khusus, juga orang lain secara umum, dapat memantau dan mengetahui kondisi mobil hanya dengan mengamati linimasa Facebook maupun Twitter.

Bahkan, kelengkapan dari sistem live streaming (yang biasanya dilakukan di Facebook atau Instagram), memungkinkan untuk tim ataupun orang lain menyaksikan secara real kondisi mobil.

Terkait keperluan komersial, mobil listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 menyatakan siap untuk merakit dan mendistribusikan beberapa partisi yang digunakan yakni; controller, baterai, dan juga BMS (Baterai Management System).

Saat ini, tim UASC juga sedang fokus mempersiapkan rancangan mobil listrik terbaru yang akan diikutsertakan dalam ajang lomba Internasional FSAE Japan pada September mendatang. (mg8/jpnn)


Mobil listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, karya tim Ulil Albab Student Center Universitas Islam Indonesia (UII) ini turut mengundang perhatian pengunjung IIMS.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News