Mobil Listrik Pertama di Dunia Dilelang

Berumur Seabad Lebih

Mobil Listrik Pertama di Dunia Dilelang
Mobil Listrik Pertama di Dunia Dilelang
SEBUAH mobil Detroit Electric Model D dilelang. The Westin Kierland Resort and Spa di Arizona, Amerika Serikat menjadi lokasi lelang mobil bersejarah ini. Daily Mail melansir, Detroit Electric Model D atau yang tenar dengan nama Dodo adalah sebuah mobil yang pada akhirnya tidak diterima pasar secara masal akibat kalah bersaing dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

Mobil listrik berumur 103 tahun ini dilelang dengan harga pembukaan GBP 50 ribu atau Rp 750 juta. Mobil berkarat yang lebih mirip dengan paduan gerobak dan mobil golf ini mengandalkan pasokan listrik sebagai tenaga penggeraknya.

Dodo bisa melaju dengan kecepatan maksimal 25 mil per jam. Diakui atau tidak, Dodo adalah mobil dengan teknologi yang melampaui zaman. Dibuat pada awal abad 20 dan kemudian tergusur oleh mesin penggerak berbahan bakar minyak tidak lantas menggusur ide visioner Dodo yang mengandalkan listrik sebagai pemasok tenaganya. Hingga kini, mobil bertenaga listrik seperti Dodo masih menjadi sebuah impian besar untuk diproduksi masal.

Saat ini, negara-negara maju di Eropa atau Jepang di Asia berlomba-lomba mengembangkan mobil bertenaga listrik. Sebab, mobil tersebut dipercaya menjadi mobil masa depan yang tidak tergantung oleh BBM yang sumberdayanya terbatas di bumi.

SEBUAH mobil Detroit Electric Model D dilelang. The Westin Kierland Resort and Spa di Arizona, Amerika Serikat menjadi lokasi lelang mobil bersejarah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News