Mobil Tanpa Pengemudi Jajal Jalanan Singapura

Mobil Tanpa Pengemudi Jajal Jalanan Singapura
Mobil listrik tanpa pengemudi yang diuji coba di Singapura. FOTO: NTU

jpnn.com - SINGAPURA - Sebuah kendaraan listrik pertama yang mampu berjalan tanpa pengemudi berhasil diuji coba di jalanan Singapura. Kendaraan itu merupakan hasil pengembangan insitute Nanyang Technological University (NTU) bersama dengan JTC dan produsen kendaraan induct, yang didukung oleh EDB.

Selain mampu menampung hingga delapan orang penumpang, kendaraan ini juga mampu mencapai kecepatan hingga 20 km/jam. Dalam uji cobanya, kendaraan listrik itu berhasil menyusuri rute sepanjang dua kilometer, yakni melewati jalanan antara Nanyang Technological University (NTU) dan JTC Corporation CleanTech Park.

Dalam pengembangannya, kendaraan itu membutuhkan proyek masa uji coba hingga dua tahun. Selain itu, kendaraan itu juga masuk sebagai proyek uji coba yang membutuhkan waktu sangat lama di jenisnya.

Jika uji coba terbukti berhasil, produsen kendaraan mengatakan kemungkinanannya untuk membuat kendaraan tanpa awak pengemudi itu di Singapura dan mulai menjualnya secara massal di wilayah Asia.

CEO Induct Technology, Pierre Lefevre mengatakan bahwa kendaraan itu merupakan sebuah bus kecil, tapi memiliki frekuensi yang lebih tinggi dengan harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan biaya operasi bus. Jika kita ingin jalan dengan kendaraan ini, maka kita akan lebih hemat sekitar 30-50 persen dan lebih murah daripada (shuttle, -red) bus normal. Hal ini dapat menjadi solusi di beberapa daerah," katanya. (AFP/nam/jpnn)

 


SINGAPURA - Sebuah kendaraan listrik pertama yang mampu berjalan tanpa pengemudi berhasil diuji coba di jalanan Singapura. Kendaraan itu merupakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News