Modal Asing Belum Dibatasi

Modal Asing Belum Dibatasi
Modal Asing Belum Dibatasi
JAKARTA - Otoritas bursa merasa belum perlu untuk membatasi aliran modal asing (capital inflow) yang masuk ke pasar modal Indonesia. Selain undang undang (UU) yang belum memungkinkan juga bisa sangat merepotkan dalam realisasi pembatasannya.

      

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito, mengatakan UU Bank Sentral menganut sistem capital free flow. "Artinya aliran dana asing bebas masuk dan keluar kapan saja. Jadi kalau kita membatasi hal itu artinya kita bertentangan dengan UU dong," ungkapnya usai perayaan 33 tahun Pasar Modal di Ancol, kemarin.

   

Apalagi, kata Ito, BEI belum memandang besarnya dana asing yang masuk sebagai ancaman. Sebab, investas di pasar modal sifatnya jangka menengah dan panjang. Sementara jika yang terjadi adalah untuk jangka pendek maka resikonya akan besar. Maka menurut Ito kekhawatiran akan dipenuhinya pasar modal oleh hot money (arus modal jangka pendek) sangat kecil.

   

"Jadi kalaupun investor asing mau investasi jangka pendek maka dia akan memarkirnya di Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Maka dari itu mungkin Bank Indonesia (BI) merasa perlu untuk mengaturnya," imbuhnya.

      

JAKARTA - Otoritas bursa merasa belum perlu untuk membatasi aliran modal asing (capital inflow) yang masuk ke pasar modal Indonesia. Selain undang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News