Mohon, Jangan Benturkan PSK Sarkem dengan Warga

Mohon, Jangan Benturkan PSK Sarkem dengan Warga
Ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JOGJA - Target Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa tentang Indonesia bebas prostitusi pada 2020 membuat resah penghuni lokalisasi Pasar Kembang (Sarkem). Penghuni Sarkem yang tergabung dalam  Perempuan Pekerja Seks Yogya (P3SY) melihat target itu bukanlah solusi.

Ketua P3SY Sarmi mengatakan, penutupan lokalisasi justru akan menimbulkan prostitusi terselubung. Selain itu, pembubaran lokalisasi juga akan menyulitkan penanganan efek kesehatannya.

“Pembubaran prostitusi itu bukan solusi, malah bisa menimbulkan prostitusi terselubung yang minim perlindungan,” ujarnya sebagaimana dikutip Jawa Pos Radar Jogja dari diskusi kekerasan Struktural dan Meningkatnya Kerentanan Pada Pekerja Seks di Kantor Kelurahan Sosromenduran Kamis (15/12).

Sarmi menambahkan, saat ini penghuni Sarkem kebingungan. Apalagi setiap ada kabar penutupan lokalisasi seperti Dolly atau Kalijodo, kecemasan PSK di Sarkem pun selalu bertambah.

Mereka selalu resah karena kabar penutupan lokalisasi di kota lain selalu dikaitkan dengan Sarkem.  Terutama ketika  ada kelompok masyarakat yang memaksakan penutupan Sarkem.

Sarmi juga mengeluhkan adanya upaya membenturkan PSK di Sarkem dengan warga setiap muncuk isu penutupan. “Mereka terus melempar ke warga, artinya sama saja mengadu kami dengan warga,” ujarnya.

Meskipun begitu, Sarmi mendukung jika ada PSK yang ingin beralih profesi. Namun, katanya, penutupan lokalisasi dan pemberian kompensasi bagi PSK bukanlah satu-satunya solusi.

Menurutnya, banyak PSK yang sudah mencoba keluar dari dunia prostitusi, akhirnya kembali lagi karena tuntutan kebutuhan hidup. “Sosialisasi dan pendampingan harus terus dilakukan dan tanpa kekerasan, alih profesi itu dari kesadaran bukan paksaan,” tuturnya.(pra/eri/jpg/ara/jpnn)


JOGJA - Target Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa tentang Indonesia bebas prostitusi pada 2020 membuat resah penghuni lokalisasi Pasar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News