Momentum Benahi Pariwisata Sumbar

Momentum Benahi Pariwisata Sumbar
Momentum Benahi Pariwisata Sumbar
JAKARTA - Kasubdit Promosi Wisata Wilayah I Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, Raseno Arya mengajak seluruh masyarakat Sumatera Barat untuk tidak terlalu hanyut dengan musibah gempa. Musibah itu hendaknya bisa dijadikan inspirasi untuk kembali berbenah diri menyiapkan kehidupan yang lebih baik dan berkualitas dengan cara menata kembali kota dan kabupaten yang hancur setelah diguncang gempa.

"Sektor penataan dan pengembangan pariwisata misalnya, pasca gempa merupakan momentum terbaik untuk membenahi kembali berbagai obyek wisata yang sesuai dengan karakter dan kearifan budaya lokal," kata Raseno Arya, di Jakarta, Rabu (14/10).

Langkah ke arah itu, kata Raseno Arya, tentu tidak harus dilakukan oleh seluruh kota dan kabupaten yang terkena musibah. "Langkah awal bisa saja dimulai dari dua daerah yang paling signifikan mengalami kerusakan seperti Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman," cetusnya.

Untuk dua daerah ini, katanya, sebaiknya penduduk yang selama ini bermukim di kawasan kota tua direlokasi ke tempat yang lebih aman dan nyaman dengan membuat kota baru dengan married system di sebuah lokasi, sementara bangunan kota tua yang berantakan direnovasi sesuai aslinya. “Memang dibutuhkan biaya besar, tapi semua itu bisa direncanakan dengan matang sehingga masyarakat korban gempa dapat ditampung di lokasi yang layak, sementara kota tua bisa diberdayakan untuk menjadi daya tarik pariwisata kota Padang,” usulnya.

JAKARTA - Kasubdit Promosi Wisata Wilayah I Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, Raseno Arya mengajak seluruh masyarakat Sumatera Barat untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News