JPNN.com

Monyet Langka Ini Akhirnya Tertangkap

Jumat, 24 Januari 2020 – 22:46 WIB Monyet Langka Ini Akhirnya Tertangkap - JPNN.com
Surili yang tertangkap di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, akan dibawa ke balai penangkaran di Bandung. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Monyet Surili, spesies primata endemik Jawa Barat, akhirnya tertangkap petugas BKSDA Jawa Barat. Hewan ini sebelumnya berkeliaran di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur.

"Surili akan menjalani rehabilitasi sampai kembali normal dan dilepasliarkan kembali di habitatnya. Kami masih menyelidiki asal-usul monyet langka tersebut," kata Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat Lana Sari di Cianjur, Jumat (24/1).

Petugas dibantu beberapa orang aparat desa, memindahkan surili dari kandang perangkap ke kandang evakuasi untuk selanjutnya dibawa ke balai. Sedangkan perangkap yang sama kembali dipasang dengan harapan surili yang masih berkeliaran dapat ditangkap.

"Untuk perangkap kembali dipasang karena kami mendapat laporan masih ada beberapa ekor surili yang masih berkeliaran. Setelah di balai kami akan tahu dari mana habitat aslinya apakah Gede Pangrango, atau daerah lain di Jabar," katanya.

Dia mengimbau masyarakat agar tidak memburu atau menembak primata yang dilindungi undang-undang tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan aparat desa terdekat untuk segera memberitahu kala melihat keberadaan surili tersebut. Harapan kami mereka masuk perangkap dan segera direhabilitasi," katanya. (antara/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...