Motif Politik atau Kurang Waras?

Analisis Tragedi Penembakan Arizona

Motif Politik atau Kurang Waras?
Motif Politik atau Kurang Waras?
TUCSON -- Investigasi terhadap motif yang melatari penembakan maut di Kota Tucson, Pima County, Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat (AS), terus berlangsung. Beberapa petunjuk mengarah pada kondisi mental Jared Loughner, pelaku, yang labil. Tapi, sebagian publik AS yakin insiden itu berkaitan dengan politik.

Interogasi Kepolisian Tucson terhadap orang tua Loughner, Randy dan Amy, membuahkan hasil. Setidaknya, tim penyidik punya petunjuk baru untuk mengungkap motif pelaku dalam insiden yang menewaskan enam orang tersebut. Menurut Randy, beberapa jam sebelum penembakan terjadi Sabtu lalu (8/1), dia terlibat adu mulut dengan putranya. Itu terkait dengan tas hitam yang tersimpan di bagasi mobil.

"Saat itu, Randy bertanya kepada pelaku, mengapa dia memindahkan tas hitam yang biasa tersimpan di bagasi mobil?" kata Kapten Chris Nanos, direktur divisi penyelidikan kriminal Kantor Sheriff Pima County, dalam wawancara dengan Associated Press. Alih-alih menjawab pertanyaan sang ayah, Loughner malah kabur ke padang pasir di dekat rumahnya sambil menggerutu.

Karena tak curiga, Randy pun membiarkan saja putranya kabur. Apalagi, pemuda 22 tahun tersebut memang relatif sering kabur dari rumah. Entah itu diawali pertengkaran atau tidak. Loughner yang melarikan diri ke padang pasir dekat rumah lantas muncul kembali di sebuah supermarket di Kota Tucson. Tiba di supermarket itu dengan menumpang taksi, dia melepaskan tembakan membabi buta ke arah 20 orang.

TUCSON -- Investigasi terhadap motif yang melatari penembakan maut di Kota Tucson, Pima County, Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat (AS), terus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News