Motif Ulah KKB Sudah Jelas, Pemerintah RI Jangan Terjebak!

Motif Ulah KKB Sudah Jelas, Pemerintah RI Jangan Terjebak!
Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit menyalami anggota TNI yang tergabung dalam Operasi Satgas Terpadu Penanggunalan KKB usai apel di Mapolres Mimika, Senin (6/11)

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bocara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI – WP) Surya Anta memastikan bahwa KKB yang mereka sebut Tentara Nasional Pembebasan – Papua Barat (TNP – PB) dalang di balik penembakan Satgas Gabungan Brimob Den B Polda Papua kemarin.

Personel Brimob, Brigpol Firman, gugur dalam baku tembak itu.

”Terkonfirmasi kalau itu TPN (TNP – PB),” ungkap dia ketika dikonfirmasi Jawa Pos.

Serangan tersebut dilakukan dengan motif serupa yang selama ini melandasi gerakan mereka. ”Motifnya sesuai pernyataan sikap mereka. Merebut kedaulatan politik,” imbuh Surya.

Menurut Ketua Asosiasi Mahasiswa Papua (AMP) Frans Nawipa, TNI – Polri memang menjadi sasaran TNP – PB. ”Fokus perlawanan adalah TNI dan Polri,” ungkap dia.

Karena itu, kelompok yang disebut sebagai organisasi sayap militer OPM itu terus menyerang aparat keamanan yang bertugas di Papua.

Frans pun menekankan bahwa aksi tersebut tidak akan berhenti sampai pemerintah Indonesia mendengar dan memenuhi tuntutan mereka.

Bukan hanya melalui aksi TNP – PB, mereka juga mendorong agenda tersebut ke level internasional.

Frans menekankan, aksi KKB yang mereka sebut TNP-PB, tidak akan berhenti sampai pemerintah Indonesia mendengar dan memenuhi tuntutan mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News