MotoGP Mandalika 2023 Siap Digelar, Dirut Pertamina Bilang Begini

MotoGP Mandalika 2023 Siap Digelar, Dirut Pertamina Bilang Begini
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menuturkan dukungan Pertamina pada MotoGP bukan hanya sebatas untuk mendukung olahraga otomotif semata. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Ajang balap Grand Prix (GP) akan kembali digelar oleh Pertamina di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023 mendatang.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menuturkan dukungan Pertamina di kegiatan ini bukan hanya sebatas untuk mendukung olahraga otomotif semata, tetapi mampu mendorong geliat perekonomian nasional, serta UMKM tanah air.

“Tahun lalu di saat kami masih dalam pandemi COVID-19, pelaksanaan MotoGP Mandalika bisa membawa 102 ribu penonton yang hadir menyaksikan langsung balap motor kelas dunia tersebut. Event ini mampu meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat hingga 3,5 % pada Kuartal I tahun 2022. Jadi, dampaknya luar biasa,” ungkap Nicke saat Launching Pertamina GP of Indonesia, bertempat di The Space Senayan City, Jakarta, Sabtu (22/7).

Dia menambahkan olahraga otomotif tersebut pada tahun lalu berhasil memberikan sumbangsih terhadap perekonomian nasional dengan nilai transaksi sekitar Rp 5 triliun.

Nilai tersebut diperoleh dari seluruh ekosistem yang mendukung dan terdampak positif dari acara tersebut.

Dari sisi UMKM dalam ajang yang sama di tahun lalu berhasil menciptakan nilai transaksi hingga Rp 800 miliar.

“Tenaga kerja langsung yang terserap di saat acara itu mencapai hingga 4.600 orang. Jadi, pertumbuhan ekonomi berputar, transaksi demikian besar, penyerapan tenaga kerja juga terjadi,” papar Nicke

Dia berharap, antusias masyarakat di tahun kedua Pertamina GP of Indonesia ini semakin meningkat. Sehingga dampak terhadap perekonomian, penyerapan tenaga kerja, dan UMKM lebih meningkat.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menuturkan dukungan Pertamina pada MotoGP bukan hanya sebatas untuk mendukung olahraga otomotif semata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News