Kamis, 20 Juni 2019 – 10:00 WIB

Mudik Lebaran 2019: Terminal Bus Mulai Ramai

Senin, 27 Mei 2019 – 04:37 WIB
Mudik Lebaran 2019: Terminal Bus Mulai Ramai - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Peningkatan penumpang mudik yang menggunakan bus di Terminal Kalideres baru terjadi dengan tujuan Sumatera, khususnya Palembang dan Padang.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain MENGATAKAN, puncak arus mudik akan terjadi pada H-5 sama dengan tahun sebelumnya. Peningkatannya baru sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa. “Kalau yang ke arah Jawa belum kelihatan,” ungkapnya pada Jawa Pos.

Beberapa persiapan yang dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yakni dengan membuat posko ramp check, posko kesehatan, posko keamanan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak.

Terkait ramp check sudah dilakukan dalam dua tahap, di mana tahap pertama pada 8 April – 26 April dan tahap kedua pada 30 April – 24 Mei.

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk bisa lolos ramp check. Pertama unsur administrasi, kedua unsur tekhnis utama, dan terakhir unsur tekhnis penunjang.

Sebagian bus yang tidak lolos pada syarat ketiga, ketiadaaan kotak obat, palu pemukul kaca, dan alat pemadam. “Kita kasih surat peringatan untuk melengkapi, setelah lengkap baru kita kasih stiker. Kalau kondisi kendaraanya sih masih bagus,” imbuhnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Sebut Ketum HIPMI Cocok menjadi Menteri

Menanggapi mahalnya harga tiket pesawat, menurutnya cukup berdampak pada peningkatan jumlah penumpang di terminal. Bus dengan jurusan kota-kota yang ada bandaranya justru meningkat sekitar 15-20 persen dibandingkan hari biasa.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar