Muhadjir Effendy Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Baik-Baik Saja

Muhadjir Effendy Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Baik-Baik Saja
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis Universitas Brawijaya (UB) ke-60 di Malang, Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan Indonesia termasuk negara yang posisinya masih baik. Dia optimistis pertumbuhan ekonomi 2023 akan baik-baik saja.

Muhadjir mengungkapkan ada tiga yang menjadi isu besar di dalam pembangunan SDM tahun 2023. Pertama, yaitu penurunan angka kemiskinan, lalu, prevalensi penurunan stunting, dan revitalisasi vokasi. 

"Saya berharap peran serta dunia pendidikan bisa ikut ambil bagian di dalam menyukseskan program prioritas SDM ini," jelas Muhadjir saat memberikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis Universitas Brawijaya (UB) ke-60 di Malang, Kamis (5/1).

Muhadjir, yang juga ketua Majelis Wali Amanah UB menyebut usaha pemerintah untuk membangun SDM berkualitas dan berdaya saing dengan menangani tiga persoalan besar yang terjadi saat ini di Indonesia.

Lanjutnya upaya pemerintah dalam menangani penghapusan kemiskinan ekstrem dengan meluncurkan program pengurangan beban pengeluaran masyarakat,

program peningkatan pendapatan masyarakat, dan program penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan yang dilakukan secara bersama-sama. 

Selanjutnya, pemerintah telah mengeluarkan PP Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia unggul, kompeten, produktif, dan berdaya saing. 

Dia berharap seluruh pihak bisa berkolaborasi untuk menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing sebanyak-banyaknya, sebagai modal untuk keluar dari negara berpenghasilan menengah. 

Menko PMK Muhadjir Effendy optimistis pertumbuhan ekonomi 2023 baik-baik saja. Simak pemaparannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News