Muhaimin Klaim 85 Persen Alumni BLK Langsung Kerja

Muhaimin Klaim 85 Persen Alumni BLK Langsung Kerja
Muhaimin Klaim 85 Persen Alumni BLK Langsung Kerja
JAKARTA—Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) pada 2012 akan lebih memprioritaskan revitalisasi 237 Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan, ini dilakukan sebagai upaya menekan angka pengangguran yang tersebar daerah.

Berdasarkan data Kemenakertrans, disebutkan bahwa 85 persen lulusan pelatihan BLK langsung diserap pasar kerja. Bahkan tak sedikit lulusan BLK yang mampu membuka lapangan kerja baru dengan berwirausaha.

“Keberadaan BLK-BLK terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi para pencari kerja. Bahkan rata-rata lulusan BLK langsung diserap pasar kerja.  Ini karena program pelatihan memang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan industri,” terang Muhaimin di Jakarta, Kamis (6/10).

Menurutnya, salah satu faktor timbulnya pengangguran adalah tidak terserapnya lulusan pendidikan oleh dunia industri karena tidak memiliki kompetensi dan kualifikasi yang dibutuhkan pasar kerja. “Oleh karena itu, kami terus melakukan proses pelatihan, sertifikasi dan penempatan untuk para pencari kerja dan masyarakat umum sehingga nantinya lulusan BLK langsung dapat terserap pasar kerja,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut.

JAKARTA—Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) pada 2012 akan lebih memprioritaskan revitalisasi 237 Balai Latihan Kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News