Mukernas PPP Anulir Rencana Pendeklarasian SDA

Mukernas PPP Anulir Rencana Pendeklarasian SDA
Mukernas PPP Anulir Rencana Pendeklarasian SDA

jpnn.com - BANDUNG - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Bandung telah membatalkan rencananya mendeklarasi calon presiden (capres) yang tadinya akan digelar hari ini bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-41 partai Islam itu. Pembatalan itu di luar harapan sang ketua umum, Suryadharma Ali yang santer digadang-gadang sebagai capres tunggal PPP. Pasalnya, pria yang juga menjabat sebagai menteri agama itu sudah melakukan berbagai persiapan untuk acara deklarasi.

Hal ini terlihat jelas di undangan mukernas dan perayaan HUT PPP yang diterima peserta dan kalangan media. Sampul depan undangan terdapat foto Suryadharma Ali dan tulisan "SDA untuk Indonesia" yang diikuti tulisan lain berbunyi "Suryadharma Ali Wujudkan Harapan Rakyat, Merah Putih Bisa...!!!".

Sejumlah dekorasi di lokasi mukernas, Hotel Grand Preanger, Bandung tanggal 7-8 Februari juga menampilkan slogan andalan sang ketua umum, yakni "SDA Untuk Indonesia". Sebagian peserta Mukernas juga terlihat mengenakan kaos dengan slogan yang sama, lengkap dengan foto Suryadharma.

Namun, Wakil Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa membantah anggapan partainya sudah mempersiapkan pendeklarasian Suryadharama sebelum Mukernas. Menurut Suharso, logo "SDA untuk Indonesia" memang sudah ada sejak tahun lalu.

"Jadi dari tahun lalu sudah ada, karena permintaan dari daerah yang menghendaki ketum untuk maju. Tapi dengan bijak, beliau menjawab belum saatnya karena mau menyelesaikan tugas yang diamanatkan pada beliau," tutur Suharso di lokasi Mukernas, Minggu (9/2) dini hari.

Penjelasan Suharso jelas bertentangan dengan suasana Mukernas. Apalagi setelah melihat pemandangan di acara resepsi HUT PPP ke 41 yang digelar di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) siang ini.

Pada acara yang awalnya dirancanakan untuk deklarasi capres itu terlihat puluhan orang mengenakan kaos "SDA untuk Indonesia" dengan berbagai desain. Panitia acara pun mengenakan kemeja putih bertulisankan "Suryadharma Ali Wujudkan Harapan Rakyat, Merah Putih Bisa...!!!". Sementara, di sekitar kompleks serbaguna milik Institut Teknologi Bandung (ITB) itu terlihat banyak spanduk Suryadharma.

Bingkisan yang diberikan kepada setiap tamu perayaan HUT PPP ke-41 juga semakin memperkuat indikasi deklarasi pencapresan SDA memang sudah disiapkan sebelum ada keputusan mukernas. Bingkisan berisi alat-alat peraga yang biasa ditemui dalam acara deklarasi atau kampanye seorang capres. Di antaranya kaos, bendera kecil dan pin bergambar SDA. Selain itu, ada juga sebuah booklet kecil berjudul '9 Alasan Memilih SDA'. (dil/jpnn)


BANDUNG - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Bandung telah membatalkan rencananya mendeklarasi calon presiden


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News