Mulai Si Kemayu Emon, Kabayan yang Polos Sampai Sang Preman Kang Bahar

Mulai Si Kemayu Emon, Kabayan yang Polos Sampai Sang Preman Kang Bahar
Didi Petet. FOTO: dok/ indopos

jpnn.com - SIAPA yang tak tahu kepiawaian aktor senior Didi Petet. Pria bernama asli Didi Widiatmoko itu merupakan salah satu pemain film dan sinetron paling berpengalaman yang memiliki segudang ilmu. Selain aktif di dunia perfilman dan layar kaca, Didi juga membagi ilmunya sebagai seorang dosen di Institut Kesenian Jakarta. 

Hari ini, Jumat (15/5) semua penikmat dunia hiburan tanah air kehilangan dia. Didi meninggal pagi ini sekitar pukul 05.00. 

Sejak muda, pria kelahiran Surabaya 12 Juli 1956 itu dikenal sebagai aktor dengan totalitas tinggi. Memulai karir filmya sejak 1985, kini Didi sudah membintangi lebih dari 50 judul film. 

Salah satu film yang melambungkan namanya adalah Catatan Si Boy. Dalam film tersebut, Didi berperan sebagai Emon yang merupakan saudara Priska (Vena Melinda). Priska memperebutkan cinta Boy (Onky Alexander) dengan Vera (Merian Belina). Emon merupakan sosok yang dekat dengan Boy meski keduanya memiliki sifat berbeda. Boy sangat laki-laki, namun Emon mempunyai gaya sedikit kemayu.     

Didi memerankan figur Emon dengan sangat baik. Buktinya dia pun diganjar Aktor Terpuji Festival Film Bandung (FFB) setahun kemudian.

Tak hanya Emon, sosol Didi Petet juga diidentikkan dengan si Kabayan. Film Si Kabayan Saba Kota yang dirilis 1989 juga tak kalah booming. Di film itu, Didi menjadi pemeran utama si Kabayan. Diceritakan sosok Kabayan adalan pemuda asli Sunda yang polos dan jujur. Dia lantas terpengaruh teman-temannya untuk pergi ke Jakarta. Di Ibu Kota,  dia pun menghadapi banyak masalah.      

Tahun 1994 Didi kembali memerankan lanjutan film Kabayan, yakni Si Kabayan Cari Jodoh. Didi lagi-lagi mendapat ganjaran penghargaan untuk aktingnya di film tersebut sebagai Aktor Terpuji FFB tahun 1994.

Prestasi Didi Petet di dunia perfilman Tanah Air bisa dikatakan cukup banyak. Setidaknya 11 penghargaan film berhasil dia raih. 

SIAPA yang tak tahu kepiawaian aktor senior Didi Petet. Pria bernama asli Didi Widiatmoko itu merupakan salah satu pemain film dan sinetron

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News