Munas Kadin di Bali Batal, Kamrussamad Bilang Begini

Munas Kadin di Bali Batal, Kamrussamad Bilang Begini
Kamrussamad. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kamrussamad menganggap pembatalan musyawarah nasional Kamar Dagang Indonesia (Kadin) pada 2-4 Juni 2021 di Bali, menunjukkan ketidakberpihakan pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya sektor pariwisata.

Menurut salah satu pengurus Kadin itu, tindakan Ketua Umum Rosan Roeslani membatalkan munas tidak sejalan dengan semangat organisasi.

"Lantaran pandemi covid-19, pada Januari lalu diputuskan Munas Kadin di Bali pada 2-4 Juni 2021. Namun, tanpa alasan yang jelas tiba-tiba dalam rapat Harian Kadin Indonesia pada Rabu 25 Mei dipaksakan sepihak membatalkan Munas di Bali. Kata Rosan ini perintah presiden, apakah benar?" kata Kamrussamad dalam keterangan resmi, Kamis.

Menurut dia, perlu penjelasan lebih lanjut terkait pembatalan tersebut.

Sebab, penentuan Munas Kadin di Bali pada 2-4 Juni itu adalah petunjuk presiden sesuai paparan ketua umum pada rapat Dewan Pengurus Lengkap (DPL) pada April 2021.

"Lalu yang mana yang benar? Kenapa dunia usaha dipermainkan seperti ini saat ekonomi masih sulit dan pemerintah perlu dunia usaha untuk menyerap kredit perbankan," imbuh dia.

Kamrussammad menyatakan, UMKM serta sektor dunia usaha yang terlibat dalam kegiatan nasional tersebut yaitu industri perhotelan, transportasi, serta kuliner yang sudah menyiapkan bahan baku/material menjadi kecewa besar bahkan berpotensi mengalami kerugian.

Terlebih, jelas dia, Bali khususnya Nusa Dua adalah kawasan zona hijau dari segi klaster Covid-19, sedangkan ekonomi Bali dalam Q1/2020 negatif minus 5,06 persen dan Q1/2021 juga minus negatif 5,19 persen.

Kamrussamad merespons pembatalan musyawarah nasional Kamar Dagang Indonesia (Kadin) pada 2-4 Juni 2021 di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News