Muncul Flek Hitam di Wajah karena Pil KB, Dokter Rizqi Aminia Beri Penjelasan

Muncul Flek Hitam di Wajah karena Pil KB, Dokter Rizqi Aminia Beri Penjelasan
Ilustrasi wajah berjerawat dan flek hitam. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Flek hitam yang muncul di wajah seringkali menimbulkan pertanyaan, terutama bagi mereka yang menggunakan pil kontrasepsi hormonal (Pil KB).

Dokter kecantikan Rizqi Aminia membagikan wawasannya mengenai apakah lebih baik berhenti atau melanjutkan penggunaan pil KB untuk mengatasi masalah flek hitam.

Menurut dr. Rizqi Aminia, pil KB dapat memengaruhi produksi melanin dalam kulit yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam.

"Hormon dalam pil KB, terutama estrogen dan progestin, dapat memicu perubahan pigmen pada kulit," ujar dr. Rizqi Aminia, dalam keterangannya, Selasa (9/1).

Rizqi mengatakan bahwa munculnya flek hitam bisa menjadi efek samping dari penggunaan pil KB.

Oleh karena itu, dia agar mempertimbangkan kembali dalam penggunaan pil KB agar masalah flek hitam bisa diatasi.

"Setiap orang memiliki respons yang berbeda terhadap pil KB. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan flek hitam, sementara yang lain tidak," tuturnya.

Dia menyarankan agar para wanita yang memiliki masalah tersebut untuk berkonsultasi dengan dokter guna memahami dampak secara pribadi.

Muncul flek hitam di wajah karena mengonsumsi pil KB, lebih baik berhenti atau diteruskan? Simak penjelasan dr. Rizqi Aminia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News