Muncul Kasus Bayi Silver, Bintang Puspayoga Mengingatkan Begini

Muncul Kasus Bayi Silver, Bintang Puspayoga Mengingatkan Begini
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengomentari munculnya kasus bayi silver di Tangerang Selatan baru-baru ini.

Dia menilai kasus tersebut maupun eksploitasi anak lainnya tidak bisa dibiarkan.

Bintang kemudian mendorong agar pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota memberikan perhatian serius.

Terutama terkait pemenuhan hak anak, sehingga kasus-kasus penelantaran, eksploitasi, dan fenomena pekerja anak di jalanan dapat ditekan.

"Jika semua daerah melakukan pemenuhan hak anak dan memberikan perlindungan khusus anak, situasi yang dapat mengancam tumbuh dan kembang anak dapat dicegah," ujar Bintang dalam keterangannya, Selasa (12/10).

Bintang juga mengatakan fenomena anak jalanan dan manusia silver, baik dewasa maupun anak-anak yang saat ini meningkat, disebabkan oleh kemiskinan dan angka putus sekolah di tengah pandemi COVID-19.

Karena itu, penanganannya menurut Bintang, tidak cukup hanya pendekatan ekonomi, tetapi juga pemenuhan hak anak secara komprehensif, termasuk pemenuhan hak sipil, pengasuhan layak dan kesehatan.

Kemudian, pemenuhan hak pendidikan serta pendekatan hukum jika ada pihak-pihak yang mengeksploitasi atau pelanggaran hukum lainnya.

Bintang Puspayoga meminta penanganan terhadap kasus bayi silver maupun eksploitasi anak lainnya seperti ini.

Sumber ANTARA