Mundur dari KPK, Dapat Batik dari Ibunda

Mundur dari KPK, Dapat Batik dari Ibunda
Johan Budi Sapto Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - NAMA Johan Budi Sapto Prabowo alias Bang Jo alias JBSP sepertinya memang tak bisa dilepaskan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Karirnya di KPK nyaris sempurna. 

Dia memulai karir menjadi staf di Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Kepala Biro Humas KPK, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Deputi Pencegahan KPK, pelaksana tugas Wakil Ketua KPK. JBSP paling dikenal ketika menjabat juru bicara KPK sejak 2006 hingga 2014. 

Sosok JBSP dikenal dekat dengan kalangan wartawan. Hampir setiap hari namanya menghiasi media massa sebagai narasumber mewakili lembaga antirasuah. Kurang lebih 10 tahun mengabdi, JBSP memberanikan diri ikut seleksi calon pimpinan KPK jilid IV. Namun, dewi fortuna belum berpihak kepada JBSP. Langkahnya terhenti di Komisi III DPR karena hanya meraih 25 suara. Impian JBSP mengabdi sebagai pimpinan definitif KPK pun kandas. Pria kelahiran Mojokerto, Jawa Timur, 29 Januari 1967 itu tidak lolos menjadi pimpinan KPK jilid IV.

Namun, JBSP tak berkecil hati. Johan menerima kenyataan itu. Malah dia bersyukur karena doa sang istri terkabul. Sebab, ketika menjadi pelaksana tugas pimpinan KPK, JBSP nyaris tak punya waktu bersama anak dan istri. JBSP sudah menerima Surat Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat dari jabatan pelaksana tugas Wakil Ketua KPK. Hal itu seiring dengan dilantikan lima pimpinan KPK jilid IV. 

Namun, kabar terbaru cukup mengejutkan. Setelah 10 tahun membaktikan diri di KPK, JBSP memilih mundur sebagai pegawai KPK. Dia memilih membantu KPK dari luar. Lantas apa yang kini dilakukan mantan jurnalis itu setelah tak lagi mengabdi untuk KPK? Berikut petikan wawancara wartawan JPNN M. Kusdharmadi dengan JBSP, Rabu (30/12).

Anda sudah mundur sebagai pegawai KPK?

Saya sudah mengundurkan diri sebagai pegawai KPK. Sebenarnya saya masih pegawai KPK saat tak lagi menjabat wakil ketua sementara KPK. Cuma sekarang saya memilih mundur dari KPK. Pengunduran diri saya pada 23 Desember 2015.

Apa pengunduran diri Anda sudah disetujui pimpinan KPK?

NAMA Johan Budi Sapto Prabowo alias Bang Jo alias JBSP sepertinya memang tak bisa dilepaskan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Karirnya di KPK nyaris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News