Musda Golkar Diseragamkan

Musda Golkar Diseragamkan
Musda Golkar Diseragamkan
JAKARTA--Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) baik Dewan Pengurus Daerah (DPD) I maupun DPD II akan dilaksanakan secara serentak dan seragam.

jpnn.com - Hal ini menjadi salah satu keputusan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar IV di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu 20 Oktober. Secara seragam, Musda di tingkatan DPD I mulai dilaksanakan medio Oktober hingga Nopember 2009 mendatang. Selanjutnya diikuti dengan pelaksanaan musda DPD I antara Nopember hingga Desember 2009. Selanjutnya, akan disusul dengan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember 2009.


Sekertaris DPD I Golkar Sulsel Arfandi Idris yang tergabung dalam Komisi A, yang membahas masalah organisasi dalam forum Rapimnas Golkar, mengaku usulan Musda secara seragam merupakan usulan dari Golkar Sulsel. Usulan ini sempat diwarnai beda pendapat apakah akan dilakukan bottom up atau top down. Namun akhirnya, disepakati dalam Rapat pleno bahwa penyeragaman dimulai dari bawah ke atas, atau dari tingkatan kabupaten kota, provinsi, hingga nasional.


"Jadi, tidak ada lagi yang dinamakan diundur atau dimajukan. Tapi semuanya diseragamkan. Itulah usulan kami yang akhirnya berhasil disepakati," ujarnya. Selain itu, Rapimnas juga menyepakati beberapa aturan baru terkait ketua partai. Ketua partai maksimal bisa memimpin selama dua periode saja. Terkecuali pimpinan partai di tingkat kecamatan dan desa bisa seumur hidup.


Sementara itu terkait capres Golkar, baru akan dibicarakan dan ditetapkan setelah pemilu legislatif melalui Rapimnas Khusus. Untuk capres, sebagaimana tertuang dalam pernyataan politik yang dihasilkan rapimnas, akan memberikan prioritas khusus kepada kader terbaik internal partai. Sikap politik lain yang dihasilkan rapimnas Golkar, adalah Golkar membuka diri melakukan koalisi permanen untuk membangun dukungan kuat bagi pemerintahan. Golkar juga menegaskan dukungan penuh kepada pemerintahan SBY-JK hingga akhir masa pemerintahan.

JAKARTA--Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) baik Dewan Pengurus Daerah (DPD) I maupun DPD II akan dilaksanakan secara serentak dan seragam. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News