Musim Gugur, Musim Adu Jangkrik

Musim Gugur, Musim Adu Jangkrik
Musim Gugur, Musim Adu Jangkrik

jpnn.com - HARI - hari ini, ribuan jangkrik di seluruh penjuru Tiongkok boleh jadi sedang berlatih keras. Memasuki musim gugur, bagi rakyat Negeri Tirai Bambu tersebut, adalah masa adu jangkrik. Itu adalah "olahraga" yang punya akar tradisi selama lebih dari seribu tahun.

Tahun ini lebih dari 20 tim dari seluruh penjuru Tiongkok berpartisipasi dalam Kejuaraan Adu Jangkrik Nasional yang berlangsung selama dua hari. "Saya hobi memelihara jangkrik. Saya menghargai semangat positif binatang itu," kata Man Zhiguo, seorang sopir truk.

Dia sudah 40 tahun menekuni adu jangkrik. Dia punya lebih dari 70 jangkrik dari seluruh pelosok negeri. Beberapa jangkriknya berharga lebih dari 10 ribu yuan (sekitar 17 juta). Harga yang cukup mahal untuk serangga berumur hanya sekitar 100 hari tersebut.

Sebagaimana kolektor lain, jangkrik-jangkrik itu ditempatkan dalam wadah nan elok. Ada yang terbuat dari keramik, batu giok, hingga peti kayu mahal seukuran kotak sepatu.

Diet jangkrik tersebut juga istimewa. Yaitu, campuran selai kacang-kacangan dan air. Itu penting sebagai asupan protein tinggi bagi para serangga petarung itu. (Reuters/c17/do)


HARI - hari ini, ribuan jangkrik di seluruh penjuru Tiongkok boleh jadi sedang berlatih keras. Memasuki musim gugur, bagi rakyat Negeri Tirai Bambu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News