Musisi Melbourne Gelar Konser Instrumen Musik Langka Dari Indonesia

Musisi Melbourne Gelar Konser Instrumen Musik Langka Dari Indonesia
Musisi Melbourne Gelar Konser Instrumen Musik Langka Dari Indonesia

Seorang musisi perempuan Australia Bianca Gannon berusaha memperkenalkan instrumen musik langka dan terancam punah yang berasal dari peralatan pertanian warga desa di sejumlah wilayah di Indonesia

Bulan Desember ini sebuah toko di Johnston Street, Collingwood, Melbourne telah disulap menjadi ruang pameran berisi sejumlah instrumen musik yang tidak saja langka di Australia, namun bahkan juga dari tempat asalnya Indonesia juga sudah dianggap langka.

Ketiga instrumen musik itu nyaris tidak pernah dimainkan lagi di luar daerah asal mereka, sehingga relatif tidak dikenal di Indonesia.

Bianca Gannon adalah musisi, komposer dan kurator yang membawa instrumen musik ini ke Melbourne.

Ia mengatakan ketiga intsrumen itu memulai hidup mereka sebagai alat praktis yang digunakan dalam pertanian, produksi makanan dan oleh pedagang makanan jalanan.

Menurutnya benda-benda praktis ini mulai digunakan sebagai instrument musik, mungkin untuk mengurangi kebosanan.

"Saya kira itu adalah soal menghabiskan waktu, mengambil pekerjaan yang sangat padat karya dan berulang menjadi lebih menarik," katanya.

"Di Barat kami juga memiliki instrumen yang luar biasa, tetapi mereka sudah sangat standar dari waktu ke waktu. Sementara di Indonesia, orang selalu berinovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News