Nadiem Makarim Terbitkan SK Pembukaan Prodi Doktor di Uhamka, Selamat

Nadiem Makarim Terbitkan SK Pembukaan Prodi Doktor di Uhamka, Selamat
Rektor Uhamka Prof Dr Gunawan Suryoputro lega setelah menerima SK Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia. Foto: Humas Uhamka

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim menyetujui pembukaan program studi (Prodi) doktor di Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka).

Persetujuan itu tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek Nomor 494/E/O/2021 tentang izin pembukaan Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia di Uhamka.

SK tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III  Prof Dr Agus Setyo Budi kepada Rektor Uhamka Prof Dr Gunawan Suryoputro, didampingi Badan Pembina Harian Uhamka pada 22 November 2021.

Ketua LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta mengatakan keberadaan Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia di Uhamka akan membantu LLDIKTI wilayah III memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU).

Sementara itu, Prof Gunawan menyebut momentum ini sudah lama ditunggu civitas academica Uhamka.

"Alhamdulillah, bertepatan dengan Milad ke-64 Uhamka, kami mendapatkan kado istimewa dari Mas Menteri Nadiem. Ini juga menjadi bukti bahwa kami sebagai universitas pertama di DKI Jakarta yang memiliki Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia," tutur Prof Gunawan dalam siaran pers Uhamka, Senin (22/11).

Dia mengatakan Uhamka akan menjalankan amanah Menteri Nadiem untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

Menurut Prof Gunawan, jumlah doktor di Indonesia masih sedikit. Dosen yang bergelar S3 pun masih belum mampu memenuhi target 21 persen atau sekitar 58 ribu dosen yang bergelar doktor,, apalagi yang bukan dosen atau doktor dalam ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia masih sangat minim.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menerbitkan SK Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia di Uhamka jelang Milad ke-64 kampus itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News