Pj Gubernur Jateng Ajak Semua Pihak Jaga Toleransi & Kerukunan Beragama Selama Pemilu 2024

Pj Gubernur Jateng Ajak Semua Pihak Jaga Toleransi & Kerukunan Beragama Selama Pemilu 2024
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana saat menerima kunjungan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah Musta'in Ahmad di Semarang, Kamis (19/10). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com, SEMARANG - SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) berupaya terus membangun toleransi dan kerukunan umat bergama guna menjaga kondusivitas di wilayah tersebut. 

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana mengatakan untuk menjaga kondisi tersebut dibutuhkan sinergisitas dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Agama (Kemenag).

"Saya titip untuk bersama-sama meningkatkan kerukunan umat beragama dan toleransi di Jawa Tengah," kata Nana saat menerima kunjungan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah Musta'in Ahmad di Semarang,  Kamis (19/10).

Nana dalam beberapa kesempatan juga sudah sering menyampaikan hal tersebut, terutama terkait tahun politik yang berpotensi menimbulkan polarisasi di masyarakat.

Oleh karena itu, dalam hal ini peran FKUP, tokoh agama dan tokoh masyarakat penting untuk menjaga toleransi dan menghormati perbedaan.

Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah Musta'in Ahmad mengatakan siap menyinergikan program baik itu yang menjadi ranahnya Pemprov Jateng dengan yang ada di Kemenag Jateng, khususunya terkait menjaga kerukunan umat beragama. 

“Tadi kami sudah mendapatkan arahan dari beliau, utamanya adalah bagaimana bisa meningkatkan sinergisitas dan menjaga kerukunan," katanya.

Musta'in juga menjelaskan tentang pentingnya menjaga kerukunan dan toleransi selama tahapan Pemilu 2024. Menurutnya, pemilu telah disepakati sebagai pesta demokrasi, sehingga semua orang harus menyambut dengan antusias, semangat, dan gembira.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana mengatakan toleransi dan kerukunan umat beragama harus dijaga selama Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News