Nazaruddin Mundur dari Proyek Hambalang Karena Utusan Cikeas

Nazaruddin Mundur dari Proyek Hambalang Karena Utusan Cikeas
Yulianis dan Mindo Rosalina Manulang Bersaksi di sidang Hambalang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA-- Mantan Direktur Marketing Permai Grup sekaligus anak buah terpidana Muhammad Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang (Rosa) mengungkapkan perusahaan milik Nazaruddin Permai Group gagal mendapatkan proyek pengadaan alat di Mega Proyek Hambalang karena banyaknya saingan.

Rosa mengungkapkan awalnya pembicaraan soal proyek Hambalang sudah pernah terjadi sejak tahun 2009. Nazaruddin pun mengetahui hal itu. Anggaran yang direncanakan untuk proyek itu sebesar Rp1 triliun sampai Rp2 triliun.

Nazar bahkan mengetahui bahwa ada anggaran Rp125 miliar tetapi itu tidak turun saat periode mantan Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) Adhyaksa Dault. Dia menuturkan, banyak yang berebutan mendapat proyek ini. Salah satunya Kepala Rumah Tangga Cikeas Silvya Soleha alias Ibu Pur.

"Jadi ada beberapa kubu. Nazar ingin, Anas ingin, Andi pengen melalui adiknya si Choel, dan terus ada Ibu Pur pengen," ujar Rosa saat memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan terdakwa mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hambalang, Kemenpora, Deddy Kusdinar di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (3/12).

Terpidana Wisma Atlet ini menuturkan, dia tidak mengetahui Ibu Pur ini hadir mewakili pihak mana. Yang jelas, kata dia, Bu Pur di Hambalang khusus untuk pengadaannya saja. Awalnya, kata Rosa, Nazaruddin marah karena sudah mengucurkan dana Rp20 miliar ke Kemenpora melalui Sesmenpora saat itu Wafid Muharam tetapi Permai Group tidak mendapat pengerjaan fisik Hambalang. Kemudian Nazar memerintahkan Rosa untuk meminta Wafid mengembalikan uang Rp10 miliar.

"Kata Pak Nazar bilang ke Wafid kita tidak dapat fisik ambil di pengadaan alat. Rp10 miliar enggak usah kembali hitung di akhir. Jadi Wafid tidak usah balikin Rp10 miliar. Setelah saya ketemu Pak Wafid, dia bilang mohon maaf Ibu Pur sudah ke sini. Sudah ke Pak Wafid, peralatan itu Ibu Pur juga pengen," bebernya.

Setelah mendengar nama Bu Pur, Rosa mengaku Nazaruddin langsung memintanya mundur dari proyek Hambalang tersebut.

"Pak Nazar kemudian bilang, besoknya sudah kau bereskan mundur aja," tiru Rosa mengulang pernyataan bosnya.

JAKARTA-- Mantan Direktur Marketing Permai Grup sekaligus anak buah terpidana Muhammad Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang (Rosa) mengungkapkan perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News