Nih Solusi Bagi Pemilih yang Belum Terdaftar

Nih Solusi Bagi Pemilih yang Belum Terdaftar
Warga menggunakan hak suaranya di pilkada 15 Februari 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta membuka kemungkinan menambah jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada putaran kedua pemilihan Gubernur DKI nantinya, dari sebelumnya berjumlah 13.023 TPS.

"Wajar dong kalau pemilih bertambah, TPS bertambah," ujar Komisioner KPU DKI Mohammad Sidik di Jakarta, Kamis (2/3).

Meski kemungkinan tersebut sangat terbuka, Sidik belum memastikan berapa jumlah TPS yang akan ditambah dan di mana saja nantinya akan ditempatkan. Menurutnya, penyelenggara masih mengkaji lebih jauh.

"Kami belum bisa prediksi, dipetakan dan dipastikan dulu. Kalau di sana (suatu daerah, red) sudah tak mencukupi, maka harus nambah dong. Rata-rata satu TPS itu 850 orang," ucap Sidik.

Sementara itu terkait jumlah pemilih yang menggunakan suket dalam pemilihan, menurut Sidik jumlahnya berkisar 84 ribu orang.

"Pemetaan suket yang 84 ribu itu sudah sampai kelurahan. Maksud kami, kalau dipetakan, itu kan alat kontrol. Tinggal dicek saja. Tapi kemarin kan saksi tidak bawa, termasuk petugas kami tak melakukan kontrol itu. Solusinya, nanti pemilih yang masuk DPTb (daftar pemilih tetap tambahan, red) kami verifikasi sejak pagi (saat pemungutan 19 April mendatang)," ucap Sidik.

Karena itu bagi pemilih yang namanya belum masuk DPT, Sidik berharap dapat datang ke TPS pada pagi hari saat pemungutan suara untuk diverifikasi terlebih dahulu.

"Jadi nanti jam 12 tinggal nyoblos," pungkas Sidik.(gir/jpnn)


Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta membuka kemungkinan menambah jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada putaran kedua pemilihan Gubernur DKI


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News