JPNN.com

Nilai Aman Bisa Lolos SBMPTN Minimal 500, Ini Prediksi ya

Rabu, 19 Juni 2019 – 14:53 WIB Nilai Aman Bisa Lolos SBMPTN Minimal 500, Ini Prediksi ya - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftar SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) 2019 yang berpeluang lolos diprediksi yang memiliki nilai ujian tes berbasis komputer (UTBK) minimal 500.

Beberapa kampus mengklaim, dengan nilai hasil UTBK sebesar 500 masih tergolong aman bersaing di beberapa program studi (prodi) favorit.

Untuk diketahui, hasil UTBK tahun ini bisa didapatkan dengan terbuka oleh semua pendaftar. Dibanding tahun lalu, tahun ini semua pendaftar harus tes dulu melalui UTBK. Kemudian, setelah mendapat nilai UTBK, bisa mendaftar SBMPTN.

Sayangnya, tidak ada passing grade atau info peluang pendaftaran di banyak prodi. Sebab, sesuai pernyataan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemenristekdikti karena sistem tersebut baru kali pertama diterapkan. Maka tahun ini tidak ada passing grade yang bisa dibuat masing-masing kampus.

Sebagai gantinya, semua pendaftar diminta memperhatikan range nilai dan persaingan prodi pada tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Rencana Pembangunan 3 Jalan Tol, Jogja – Solo Paling Alot

Ketua LTMPT Kemenristekdikti Ravik Karsidi menyatakan, untuk hasil nilai UTBK dibagi menjadi tiga kelompok besar. Range bawah dengan nilai kurang dari 300 hingga di bawah 500, range tengah antara 500–700, dan range atas adalah 700 ke atas.

”Semisal, seperti kedokteran Universitas Indonesia (UI) kan persaingannya tinggi. Diperkirakan saja, yang bisa bersaing anggaplah dari range atas atau nilai sekitar 700,” ujar dia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...