Nilmaizar Cerita Tangisan Para Pemain PS Tira sebelum Laga

Nilmaizar Cerita Tangisan Para Pemain PS Tira sebelum Laga
Nilmaizar. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nama besar Nilmaizar sebagai pelatih sempat anjlok ketika musim lalu Semen Padang terdegradasi. Dia dijadikan kambing hitam dan jadi bulan-bulanan. Meski begitu, dia tetap tenang dan pada paro musim kedua Liga 1 2018, secara mengejutkan dia menerima pinangan PS Tira.

Padahal, PS Tira berada dalam situasi sulit. Mereka selalu berada di papan bawah dan terancam degradasi. Klub berjuluk The Young Warriors itu selalu berada di zona degradasi pada pekan-pekan terakhir Liga 1.

Ternyata, pada pekan terakhir, mereka menang atas tuan rumah Borneo FC 3-1 (9/12) dan lolos dari degradasi.

Lalu apa rahasianya membangkitkan Manahati Lestusen dkk? Cinta. Ya, rasa memiliki sebagai sebuah keluarga dalam tim. ’’Satu lagi, saya selalu ingatkan agar bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan. Mengenai hasil serahkan kepada Allah. Dan, terbukti kan tim bisa bangkit?’’ ucap pelatih kelahiran Payakumbuh itu.

Selain itu, nasihat sebelum pertandingan. Nilmaizar yang dikenal selalu dekat dengan pemain tidak segan mengobrol empat mata.

’’Kalau mental lagi drop, saya selalu bilang kepada pemain agar membayangkan wajah orang tuanya. Juga membayangkan harapan di masa depan, jangan kekalahan yang dipikir. Itu saja yang selalu saya bilang ke pemain,’’ ungkapnya.

Sebelum laga melawan PSMS Medan pada 5 Desember, Nilmaizar menghubungi keluarga para pemain dan meminta untuk mengirim video yang berisi ucapan semangat, rasa rindu, dan cinta. Lalu, video kiriman itu diberikan kepada pemain tepat ketika di ruang ganti beberapa menit sebelum pertandingan.

Tangis haru pun pecah. Anak asuhnya yang sekian lama tidak berjumpa keluarga sangat emosional ketika mendapat ucapan berupa video. Termasuk sang striker Aleksandar Rakic. Hasilnya, menang 4-2.

Nilmaizar membeber kiatnya membangkitan semangat para pemain PS Tira, hingga akhirnya selamat dari ancaman degradasi dari Liga 1.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News