Nobel Kesehatan Untuk Penemu HIV dan HPV

Nobel Kesehatan Untuk Penemu HIV dan HPV
Nobel Kesehatan Untuk Penemu HIV dan HPV
STOCKHOLM-Nobel Kesehatan 2008 akhirnya menjadi milik Prancis dan Jerman. Mereka adalah Francoise Barre-Sinoussi dan Luc Montagnier dari Prancis serta Harald Zur Hausen asal Jerman. Zur Hausen berhak atas separo dari hadiah uang USD 1,4 juta (Rp 13,5 miliar). Separonya lagi menjadi milik duet Barre-Sinoussi dan Montagnier.

Barre-Sinoussi dan Montagnier menemukan virus human immunodeficiency virus atau HIV penyebab AIDS. Sedangkan Hausen menemukan virus human papilloma alias HPV yang menyebabkan kanker leher rahim atau serviks. Kanker ini adalah jenis kanker urutan kedua yang paling sering menyerang perempuan.

Barre-Sinoussi adalah direktur Regulasi Gabungan Infeksi Retroviral di Institut Pasteur Prancis. Sedangkan Montagnier adalah direktur Yayasan Dunia untuk Penelitian dan Pencegahan AIDS di Prancis. Saat ini, menurut ayah Barre-Sinoussi, Roger Sinoussi, anak perempuannya sedang berkunjung ke Kamboja. ''Saya turut bahagia," ujarnya.

Dewan Nobel mengatakan, penemuan Barre-Sinoussi dan Montagnier merupakan prasyarat untuk mengerti AIDS dan perawatannya secara biologis menggunakan obat antivirus. Pasangan ini mulai melakukan penelitian pada awal 1980 yang memungkinkan adanya studi lanjutan terhadap virus mematikan tersebut.

STOCKHOLM-Nobel Kesehatan 2008 akhirnya menjadi milik Prancis dan Jerman. Mereka adalah Francoise Barre-Sinoussi dan Luc Montagnier dari Prancis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News