Pembangkang Tiongkok Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian

Pembangkang Tiongkok Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian
Pembangkang Tiongkok Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian
PENGUMUMAN pemenang Nobel 2008 memang sudah dimulai kemarin (6/10). Tapi, yang paling ditunggu tetaplah pengumuman pada 10 Oktober mendatang, yaitu pemenang Nobel Perdamaian. Siapa yang akan terpilih tahun ini?

Itu tidak mudah dijawab karena kandidatnya banyak sekali, 197. Terdiri atas 33 kelompok dan 164 individu. Jumlah tersebut hampir menyamai rekor kandidat pada 2005, yakni 199. Tapi, sejumlah pakar dan bursa taruhan mengunggulkan para pembangkang Tiongkok sebagai calon pemenang.

Aktivis Tiongkok itu adalah Gao Zhisheng dan Hu Jia. Mereka berada di urutan teratas dalam daftar yang disusun Institut Penelitian Perdamaian Dunia Oslo, lembaga yang menganugerahkan Nobel Perdamaian.

Diunggulkannya Gao dan Hu tersebut langsung menjadi perhatian khusus Beijing. Sebab, muka mereka bakal tercoreng kalau keduanya atau salah seorang di antara keduanya menang. Pasalnya, itu seperti menjustifikasi rapor HAM Tiongkok memang masih merah.

PENGUMUMAN pemenang Nobel 2008 memang sudah dimulai kemarin (6/10). Tapi, yang paling ditunggu tetaplah pengumuman pada 10 Oktober mendatang, yaitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News